Kemasan Plastik Produk Pangan

Dalam industri makanan atau pangan, kemasan mempunyai peranan yang sangat penting. Fungsi kemasan antara lain adalah
  1. Melindungi produk dari pengaruh cuaca, kotoran, benturan, dan lainnya.
  2. Sebagai media untuk menarik perhatian konsumen atau pembeli
  3. Untuk memudahkan distribusi, penyimpanan ataupun pemajangan (display produk)
  4. Sebgai tempat penempelan label atau merk produk
  5. Sebagai tempat penempelan informasi yang ada dalam produk seperti komposisi bahan (ingridient), isi bersih, nama dan alamat produsen/importir, nomor pendaftaran, kode produksi, tanggal kadaluwarsa, petunjuk penggunaan, informasi nilai gizi (nutrition fact), tanda halal, dan lain sebagainya. 
Kemasan juga harus dirancang agar memenuhi beberapa persyaratan-persyaratan penting dari produk terkait, yaitu: 
  1. Faktor Ergonomis, yang meliputi beberapa kemudahan antara lain kemudahan untuk dibawa, dibuka, dan dipegang.
  2. Faktor Estetika, yaitu meliputi perihal desain logo, paduan warna, ilustrasi, pilihan huruf maupun tata letak tulisan.
  3. Faktor Identitas, yaitu faktor yang mempengaruhi agar tampilan tampak berbeda dengan produk lain sehingga mudah untuk di kenali oleh konsumen.  
Untuk membuat kemasan tampak menarik, maka rancangan dan tampilan kemsan haru sdi rancan dan di buat sebaik mungkin. Dalam perancangan dan perencanaan pembuatan kemasan plastik ada beberapa hal yang  yang mungkin perlu kita perhatikan. Hal-hal itu antara lain: 
  1. Kesesuaian antara produk dengan bahan pengemasnya, Hal ini dimaksudkan untuk menentukan bahan pengemasan apa yang harus dipakai, dan harus sesuai dengan produk yang kita miliki. Jika produk berupa cairan seperti air mineral, maka kita bisa menentukan bahan pengemasan berupa plastik botol atau gelas plastik.
  2. Ukuran Kemasan dan ketebalan bahan. Ukuran kemasan mempunyai peran penting dalam  perencanaan pembuatan produk kemasan. Ini berkaitan dengan banyak dan sedikitnya isi produk yang akan dimasukkan ke dalam kemasan. Sedangkan untuk ketebalan bahan, mempunyai peran yang berkaitan dengan keawetan dari produk yang ada didalam kemasan. Jika suatu produk yang akan dikemas sangat ringan seperti kerupuk, sebaiknya kemasan di buat dalam ukuran relatif besar dan dengan ketebalan yang cukup.
  3. Bentuk kemasan produk. Ini harus dilakukan aagar kemasan terlihat lebih menarik dan menjual. Bentuk kemasan bisa dirancang dalam bentuk yang unik tergantung dari kreativitas desainer produknya Contohnya untuk kemasan minuman jus buah, dus kertas bisa dibuat seperti tabung atau bisa dibuat kotak yang menyerupai buah terkait, ataupun dengan bentuk-bentuk lainnya.
Share this article :
 

+ comments + 2 comments

8 May 2014 at 14:27

Tidak terlihat seperti plastik. Menurut saya itu lebih terlihat seperti Kemasan Makanan dari kertas.

22 January 2017 at 01:08

harga /pcs nya berapa yaa?

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sablon Plastik | Mesin sablon dan Jasa Cetak Kemasan Harga Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger